Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

gambar gereja-tua-konda kabupaten sorong selatan


Gereja Tua merupakan salah satu bangunan tua yang terdapat di Kampung Konda, Distrik Konda, Kabupaten Sorong Selatan. Bangunan tersebut berjarak sekitar 15 Km dari Teminabuan. Untuk sampai di daya tarik wisata ini, hanya dapat melalui jalur laut dengan menyewa speedboat ataupun longboat.

 Di kampung ini terdapat dermaga kecil untuk memarkirkan kapal. Dari dermaga, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri kampung sejauh kurang lebih 200 meter. Gereja Tua berada di tengah-tengah perkampungan penduduk Kampung Konda. Di kampung ini masih terdapat rumah-rumah tradisional yang berbentuk rumah panggung yang dindingnya terbuat dari kayu.

Gereja Tua dibangun pada tahun 1862 pada masa penjajahan Belanda. Gereja ini memiliki tata bangunan yang sederhana dengan beratapkan bahan tradisional yaitu daun dari pohon sagu, sehingga membuat Gereja Tua ini tetap unik jika dipandang dari kejauhan. Gereja yang usianya sudah ratusan tahun ini masih digunakan untuk kebaktian setiap hari Minggu oleh penduduk sekitar yang beragama Kristen.

Di samping Gereja terdapat sebuah makam pendeta yang membangun Gereja tersebut. Secara keseluruhan bagian luar Gereja Tua ini cukup rapi, rumput-rumput di halaman Gereja tidak terlalu tinggi dan terlihat terawat dengan baik.(CS)

gambar gereja-tua-konda kabupaten sorong selatan


Posting Komentar

0 Komentar