Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

sekelompok orang sabar memicahkan batu di kampung skendi kabupaten sorong selatan





Terik matahari tidak membuat anak anak muda  menyerah. Kulit legam dan tangan-tangan yang  terbiasa mengatasi beban hidup,  menjadikan mereka  kuat seperti batu.


Mereka telah bersahabat dengan kondisi trik matahari yang begitu panas. Sejak pagi hingga soreh terdengar bunyi betel. Di kampung Skendi kita akan menemukan beberapa lokasi yang telah rata oleh kesabaran sekelompok anak anak yang dengan sabar memicahkan batu.

 
Untuk pemecah batu,  perlu 3 alat utama, betel dari as mobil atau trek di potong 20 cm,lingis berbagai jenis yang di jual di toko. Martelu digunakan untuk menoki betel yang di pasang di permukaan batu.

 
Lokasi pemecah batu mudah di jumpai di kampung skendi kabupaten sorong selatan ,kampung Skendi bisa dikatakan kampung penyumban batu untuk bangunan kokoh yang ada di sorong selatan.


Kondisi batu batu yang menyulang tinggi yang ada di kampung skendi bisa di jadikan potensi usaha” bukan hanya batu ,di kampung skendi juga memiliki tanah yang subur,sunggai yang mengalir deras,lapangan sepak bola.

Lima marga besar yang mendiami kami kampung skendi,mereka hidup saling melengkapi, disisi sosial ekonomi , adat maupun pendidikan. Mayoritas masyarakat kampung skendi adalah petani tapi mereka memiliki jiwa sosial yang tinggi dan ramah terhadap sesama.CS








Posting Komentar

0 Komentar