Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

KENANGAN KALI SIMBYARKRO DI KOMPLEKS SEVAI KAMPUNG TEGIROLO DISTRIK TEMINABUAN

Foto : Kali Simbyarkro

Teminabuan, Kabarsorsel.com - Kali Simbyarkro berada di Kompleks Sevai Kampung Tegirolo Distrik Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan. Kali ini tergenang diam dalam sebuah Kolam dan Kali ini adalah salah satu tempat mandi dan mencuci yang dikhususkan bagi ibu-ibu atau gadis di Kompleks Sevai raya.

Dulunya kali ini diberi nama oleh mantan kepala kampung Tegirolo bapak G. Bleskadit dengan sebutan "Meja Hijau". Alasan diberi nama meja hijau ini karena ketika ibu-ibu atau gadis-gadis sevai membawa cucian mereka walaupun hanya sedikit saja untuk dicuci namun ketika sampai dikali ini mereka akan membahas segala hal dikali ini sampai berjam-jam baru bisa mereka pulang ke rumah.

Apa yang mereka dengar dirumah baik itu persoalan pribadi maupun persoalan tetangga pasti dikupas habis dikali Simbyarkro ini.

Sekarang tinggal kenangan, setelah adanya Pipanisasi Air Bersih yang dibangun oleh Pemerintah Kampung Tegirolo masuk ke rumah warga sehingga kali Simbyarkro sudah jarang digunakan lagi. 

Harapannya agar kali Simbyarkro harus dilestarikan oleh Pemerintah Kampung Tegirolo Karena kali ini yang membesarkan gadis-gadis cantik dari Kompleks Sevai raya hingga sekarang banyak yang keluar dengan gelar sarjana dan juga beberapa dari mereka yang sudah mendapatkan pekerjaan di kantor-kantor.

Posting Komentar

0 Komentar