Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Peternak & Petani Terancam Gulung Tikar Akibat Pandemi Covid-19


Kabarsorsel.com - Peternak dan petani di seluruh wilayah Indonesia terancam gulung tikar karena kesulitan mendistribusikan hasil produksinya ke pasaran. petani bahkan terpaksa menjual hasil panennya dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

Dampak pandemi Covid-19 kini mulai dirasakan oleh peternak puyuh petelur yang ada di Kediri jawa timur, jika biasanya harga telur puyuh mencapai Rp.23.000 perkilo maka kini harganya turun ke kisaran Rp.18.000 hingga Rp. 20.000 perkilogram. Selain itu harga pakam ternak justru mengalami kenaikan dari Rp. 280.000 perkuintal menjadi Rp. 300.000 perkuintal. peternak juga kesulitan untuk menjual hasil produksinya karena seluruh wilayah yang menerapkan kebijakan karantina.


Kondisi yang sama juga dialami oleh petani pepaya dicianjur jawa barat. Petani kesulitan mendistribusikan hasil panennya karena sejumlah pasar sudah mulai ditutup akibat pandemi Covid-19, Petani terpaksa menjual hasil panennya dengan harga yang lebih murah. jika biasanya petani pepaya menjual hasil panennya 8 ton kepasatan namun kini pepaya yang terjual hanya mencapai 3 ton saja. Petani dan Peternak berharap agar pandemi Covid-19 dapat segera selesai sehingga roda perekonomian didaerah bisa bergerak kembali.

Editor : Jefri duwith

Posting Komentar

0 Komentar