Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Swadaya & Semangat Masyarakat Bangun Kampung Persiapan ALON Distrik Teminabuan Kab. Sorong Selatan

Abraham Duwit
Kepala Kampung Persiapan Alon

Teminabuan, Kabarsorsel.com - Kampung Persiapan ALON dimekarkan dari kampung induk Tegirolo yang adalah salah satu kampung devinitif di Distrik Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan.

Sejak tahun 2019 dusun Alon dinaikan statusnya oleh Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan menjadi kampung persiapan dengan kepala kampungnya bernama Abraham Duwit.

Abraham duwit adalah salah satu putra asli lahir dan dibesarkan di kampung Tegirolo anak ketiga dari seorang ayah bernama Yusuf Duwit dan ibu Almarhuma Ferdinanda Bleskadit. Dalam kesehariannya abraham adalah seorang guru SD YPK II Markus Kohoin Teminabuan yang juga menjabat sebagai Kepala Sekolah.

Piter duwit sapaan gaulnya dipercayakan pemerintah kabupaten sorong selatan untuk memimpin kampung persiapan Alon menuju kampung devinitif. Dalam menjalankan tugasnya sebagai kepala sekolah tetapi juga sebagai kepala kampung persiapan Piter selalu mengedepankan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi.

Terbentuknya kampung persiapan alon dimulai dari inisiatif keluarga besar Bleskadit dan Duwit. Mereka melihat bahwa semakin tingginya kepadatan penduduk di kampung induk tegirolo dan juga banyaknya generasi muda yang mulai kawin dan harus berpisah dengan bapa dan mama untuk membangun rumah tangganya sendiri sehingga keputusan untuk mendirikan kampung persiapan alon dibentuk guna memperluas wilayah pembangunan bagi generasi muda kedepannya agar tidak lagi menumpuk satu rumah bersama orang tua mereka.

Berkat pribumi dengan dua marga besar yaitu Flassysao dan Thesia serta bekas-bekas hewan yang pernah digarap orang tua hingga turun ke anak cucunya yang saat ini mereka berkebun maka merekapun berkoordinasi dan lahannya disetujui untuk kampung alon didirikan disana.

Masyarakat kampung persiapan alon yang kurang lebih berjumlah 40 kepala keluarga itu tak terbendung lagi semangatnya untuk membangun kampungnya walaupun bagi mereka subsidi yang diberikan kampung induk sangatlah kecil namun dengan semangatnya mereka berswadaya untuk membangun kampung mereka.
Foto : Eksafator membuka akses jalan
Menuju kampung persiapan Alon

Tahun anggaran 2019 kampung persiapan Alon mendapat subsidi dana dari kampung induk tegirolo sebesar Rp. 20.000.000,-. Dana tersebut mereka gunakan untuk sewa alat berat eksafator untuk membuka akses jalan masuk dari kampung induk tegirolo menuju lokasi kampung persiapan alon dan juga eksa tersebut mereka arahkan untuk membongkar lahan persiapan pembangunan kantor kampung.

Dengan semangat yang menggebu-gebu untuk membangun kampung mereka kepala kampung persiapan alon Abraham duwit berharap agar dana yang diberikan kampung induk kalau bisa ditambah karena sebagian besar penduduk dari kampung induk sudah masuk dalam daftar kepala keluarga kampung persiapan Alon yang diberikan ke kampung induk, jelasnya.
Gotong royong warga Alon
Membangun jembatan penyeberangan

Kepala kampung persiapan Abraham bersama penduduknya bertekad bahwa kampung Alon akan terus dibangun dengan semangat gotong royong menuju kampung devinitif untuk itu dibutuhkan kerja sama dan dukungan dari semua pihak baik bapak ibu anggota DPRD Kab. Sorong Selatan, Pemerintah Kampung Induk Tegirolo, Pemerintah Distrik Teminabuan dan juga Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Gereja, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan dan seluruh warga masyarakat penduduk kampung Alon guna mendukung berkembangnya kampung alon menuju kampung devinitif sejajar dengan kampung-kampung devinitif lainnya di kabupaten Sorong Selatan tercinta ini.

Editor : Jefri Duwith

Posting Komentar

0 Komentar