Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

kilas pembetukan Kabupaten Sorong Selatan dan 5 objek wisatanya

Kabupaten Sorong Selatan adalah sebuah kabupaten di Provinsi Papua Barat, Indonesia. Dengan Luas daratannya adalah 7.789,92 km². Berdasarkan data BPS Kabupaten Sorong Selatan 2019, pada tahun 2018, kabupaten ini mempunyai penduduk sejumlah 46.021 jiwa.bukota Kabupaten Sorong Selatan adalah Teminabuan.


Daerah ini merupakan pemekaran yang dibentuk berdasarkan UU Nomor 26 Tahun 2002 dengan ibukota di Teminabuan. Kabupaten Sorong Selatan terdiri dari 15 distrik yang meliputi 121 kampung dan 2 kelurahan.


Bicara keindahan alam  tanah Papua, pikiran kita akan dituntun ke suatu pulau terindah dengan pasir pantai putih halus, air laut biru jernih, gugusan pulau mempesona.Apalagi kalau bukan Raja Ampat. Sedemikian terkenal objek wisata alam Papua bukan hanya di negeri sendiri, tetapi juga di mancanegara.

Tapi tau kah kita, seluruh wilayah di tanah Papua itu indah di pandang mata. Maka kali ini saya akan berbagi cerita tentang serpihan surga di balik keindahan alam Kabupaten Sorong Selatan.

Terkenal dengan jelukan Negeri 1001 sungai dan gunung batu kapur yang menjulang tinggi dan hampar lembah hutan tropis sejauh mata memandang.



Destinasi wisata Air Terjun Safrok berada di kampung Sasnek/Wendi Distrik Sawiat Kabupaten Sorong Selatan,PapuaBarat. Air Terjun Sefrok. setinggi 20 meter ini memiliki air yang sejuk dan pemadangan yang indah . Kamu juga bisa melihat ikan-ikan kecil yang ada dalam kolam air terjun tersebut. Air Terjun Sefrok juga dikelilingi bermacam bunga dan pohon rindang.



Objek Wisata Kali Sembra merupakan destinasi tempat wisata yang rame di kunjungi dan terletak di Kampung Srer, Distrik Seremuk Kabupaten Sorong Selatan,Papua Barat, Kali Sembra juga menawarkan air sungai yang jernih. Untuk bisa memasuki tempat wisata ini , kamu diharuskan membayar tiket masuk seharga Rp 5 ribu rupiah. Tarif tersebut hanya berlaku untuk hari Sabtu dan Minggu, Bila kamu ingin masuk gratis, maka kamu harus ke sini pada hari kerja seperti hari senin sampai hari jumat.



Lokasi Kali Kembira terletak di Kampung Skendi dan Kampung Nambro Distrik Teminabuan kabupaten SorongSelatan Provinsi Papua Barat. Destinasi witasa Kali Kembira memiliki air yang jernih dan dihiasi bermacam jenis pohon , sehinggan bisa menjadi pilihan berwisata.

Untuk menjangkau tempat wisata kali kembira cukup mudah, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua (ojek) atau roda empat dengan ongkos yang tidak terlalu mahal. Sebab lokasi obyek wisata tersebut berada diwilayah Distrik Teminabuan. Jadi kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata kali kembira, bisa melalui kampung Skendi atau Kampung Nambro dan jarak tempuhnya pun tidak begitu jauh




Destinasi tempat wisata Panta Kapal, Dari namanya tempat wisata ini terlihat seperti bagian belakang sebuah kapal laut. sehingga masyarakat setempat mengjulikinya dengan sebutang Panta Kapal. Destinasi wisata Panta Kapal memiliki air yang deras dan jerhih ini  tidak jauh dari pusat ibu kota Distrik Teminabuan.

Untuk menjangkau tempat wisata Panta Kapal, cukup mudah, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua (ojek) atau roda empat tujuan kampung Nambro atau Kampung tolak. dan berjalan beberapa meter , maka kamu sudah sampai di tempat wisata Panta Kapal.



Destinasi wisata Kali Woor berada di kampung Kamisabe Distrik Moswaren Kabupaten Sorong Selatan,Papua Barat. Kali Woor memiliki air yang sejuk dan pemadangan yang indah . Kamu juga bisa melihat ikan-ikan kecil yang ada dalam dasar air Kali Woor tersebut. Kali Woor juga di dihiasi oleh bermacam  tumbuhan bunga dan pohon rindang.

Untuk kamu yang ingin ke tempat ini , cukup mudah, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua (ojek) atau roda empat . Dan tujuan kampung Kamisabe Distrik Moaswaren dan jarak tempuhnya pun tidak begitu jauh dari kampung kamisabe
( C S /RED)