Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Suku-suku Petarung di Papua


Kabarsorsel.com, Papua secara antropologi memiliki beberapa suku dan bahasa yang mendiami Pulau Papua mulai dari daerah pesisir hingga pegunungan, mulai dari daerah rawa hingga dataran tinggi mulai dari daerah perkotaan hingga daerah pedalaman.

Dari keseluruhan suku yang mendiami Papua, ada yang populasinya banyak atau mayoritas secara jumlah hingga ada yang paling sedikit atau terkecil.

Dari setiap suku di Papua ada terdapat beberapa suku yang menonjol dalam hal menguasai pemerintahan, pendidikan, politik,pengusaha, seni budaya dan juga olah raga. Atau dalam hal Exekutif, Legislatif, Yudikatif dan sektor swasta.

Dari Papua terdapat tujuh wilayah adat dan di dalam wilayah adat tersebut terdapat suku2 besar, sub sub suku hingga marga.
Dari daerah pantai terdapat suku Biak dan suku suku orang Yapen dan waropen serta mereka yang mendiami nabire bagian pantai daerah mor Napan, dan Yaur
Beberapa suku ini tersebar di hampir seluruh wilayah Papua dengan memiliki SDM yang baik berkat mereka terlebih dahulu mengenyam pendidikan. Dengan pembawaan dan kelembutan mereka serta pandai menempatkan diri maka suku-suku ini dapat dengan mudah diterima oleh suku lain. Suku-suku ini mereka pandai dalam seni dan budaya, menggunakan bahasa-bahasa yang puitis pandai dalam berpantun, dan ahli dalam mengarang dan menciptakan lagu yang enak di dengar membuat kehidupan mereka begitu romantis lembut dan bisa di terima oleh orang lain atau suku-suku yang lainya. Mereka juga menguasi Pemerintahan, Birokrasi, politik dan sektor swasta lainya.

Di bagian pegunungan ada suku Dani, Lani, Yali, Mee, Damal, dan Moni.
Suku daerah pegunungan ini, terkenal dengan suku yang rajin dan pekerja keras. Mereka terkenal dengan persatuan serta kekompkanya.

Mereka pandai beradaptasi dalam kondisi serta keadaan apapun. Kesetia kawanan jangan di ragukan lagi, mereka juga menguasan birokrasi, panggung politik, dan sektor swasta lainya.

Mereka juga menyebar hampir seluruh wilayah Papua, dengan bermukim serta menetap dan menguasai. Mereka ini petarung secara intelectual maupun secara fisik dan suku ini menjadi suku mayoritas yang jumlahnya banyak di Papua.

Di Bagian selatan ada suku Muyu/Mandobo.
Kedua suku ini terkenal dengan kerja keras serta kecerdasanya. Mereka juga tersebar di beberapa tempat di wilayah Papua mereka hebat dalam berburuh, berkebun. SDM mereka juga tidak di ragukan lagi, mereka juga sudah menguasai birokrasi dan politik, serta sektor lainya.

Suku ini juga terkenal sebagai petarung siap mempertahankan yang menjadi miliknya.
Di kepala burung Papua ada suku Maybrat.
Suku ini terkenal dengan memiliki kepercayaan diri yang berlebihan padahal sebenarnya biasa-biasa saja. Segala sesuatu mereka menganggap paling tahu dan mengerti padahal tidak seperti itu.

Suku ini terkenal dengan keras kepala, pekerja keras, serta kekompakan dan persatuan yang masi bertahan hingga sekarang. Soal pendidikan menjadi hal prioritas untuk di perjuangkan.

Suku ini juga tersebar di wilayah Papua, mereka juga menguasai Birokrasi pemerintahan, panggung politik, dan juga sektor swasta.

Mereka siap merebut bahkan mempertahankan apa yang mereka miliki.
Ada beberapa suku juga terkenal dan berkuasa namun masi pada lingkungan mereka, wilayah mereka, dan masih pada tingkat kabupaten mereka masing-masing tapi belum menyebar ke daerah lain di Papua. Ada juga yang menyebar namun belum memiliki pangaruh besar.
Itulah beberapa suku-Suku yang terkenal, namun juga masi banyak suku yang kini mulai bangkit menata diri mempersiapkan diri dan mulai bersaing. Suku di Papua memiliki potensi dalam diri mereka dan tinggal kesadaran akan sebuah perubahan untuk meraih perubahan itu.

Pewarta : Origenes Asmuruf
Editor : JD