Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Vinsen Kocu : Kabupaten Tertinggal atau Kabupaten Ditinggalkan



Vinsen Kocu

Kabarsorsel.com - Sorong Selatan masuk dalam daftar daerah tertinggal sesuai Perpres No. 63 Tahun 2020 tentang penetapan daerah tertinggal.
Baca link dibawah ini :
Jokowi tetapkan 62 daerah tertinggal di Indonesia

Sebuah fakta ironi mengingat usia otonomi (pemekaran kabupaten) Sorong Selatan sudah sejak tahun 2002 sesuai UU No.26 tahun 2002 tentang pemekaran Sorong Selatan menjadi salah satu kabupaten di Provinsi Papua Barat. Usia otonomi sudah mencapai 18 tahun tapi sayangnya saat ini masih terkategori sebagai salah satu daerah tertinggal. Vinsen Kocu sesalkan
Ironisnya, indikator yang di pakai mengkategorikan sebagai daerah tertinggal adalah karena lemahnya indeks perekonomian daerah, rendahnya indeks sumber daya manusia, minimnya sarana dan prasarana, rendahnya kemampuan keuangan daerah, rendahnya aksesibilitas dan karakteristik daerah.

Penerimaan APBD Sorong selatan tahun 2018 mencapai Rp 851 milyard.
Baca link ini : APBD Sorong Selatan Tahun 2018 ditetapkan
Benar-benar hal ini menjadi cambuk motivasi sekaligus tamparan yang kurang enak terhadap kinerja pemerintah daerah kabupaten Sorong Selatan. Pengelolaan anggaran harus benar-benar terkonsentrasi pada perbaikan semua indikator daerah tertinggal di atas.

Apalagi pada tahun 2020, Kabupaten Sorong Selatan menerima dana otsus untuk dana tambahan infrastruktur sebesar Rp 33 milyard.
Baca link dibawah ini :
2020 Sorsel akan dapat dari- Otsus Rp 33 M

Pemerintah daerah kabupaten Sorong Selatan di tuntut untuk bisa mengelola dana otsus ini pada skala prioritas untuk kebutuhan infrastruktur publik yg urgen. Dengan demikian, konstruksi infrastruktur publik ini akan memicu aktivitas ekonomi daerah yg progresif. Sistem pengawasan kelola anggaran yang transparan, anti korupsi dan akuntabel mutlak di butuhkan.vinsen Kocu minta kepada pemerintah kabupaten sorong selatan lebih tegas transpansi anggaran dan resavel kabinet agar dibutuhkan orang orang yang berkualitas sesuai disiplin ilmu,takut  korupsi dan kredibel.

Semoga ke depan situasi ini akan berubah lebih baik.rakyat Sorong selatan ingin kemajuan dalam berbagai aspek dan mengerti tentang leader ship bukan sebaliknya maka mengakibatkan kabupaten sorong selatan sebagai kabupaten ditinggalkan tegas vinsen kocu

Pewarta : JD