Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

HUT KE-4 KAMPUNG PERSIAPAN BOLBALEK DISTRIK SAWIAT KABUPATEN SORONG SELATAN DIRAYAKAN SECARA SEDERHANA DAN PENUH UNKAPAN SYUKUR

Kampung Persiapan Bolbalek ( Foto: Khadith Imiam )

KABARSORSEL.COM - Kampung Persiapan Bolbalek adalah salah satu Kampung Persiapan di bawah Wilayah administrasi Kampung Induk Wendi Distrik Sawiat Kabupaten Sorong Selatan. Kampung Persiapan Bolbalek terletak di sebelah barat Kampung Wendi dan Kampung Sasnek, jarak tempu dari Kampung Induk adalah 4 Km dengan berjalan kaki. 

Batas Wilayah Kampung Persiapan Bolbalek di bagian Timur berbatasan dengan Kampung Induk Wendi dan Kampung Sasnek, bagian barat berbatasan langsung dengan Kampung Dais Distrik Hobart Kabupaten Sorong, bagian utara berbatasan dengan Kampung Bialokh Distrik Klawakh Kabupaten Sorong dan Kampung Kofalit Distrik Salkma Kabupaten Sorong Selatan, serta bagian selatan berbatasan dengan Kampung Woloin dan Kampung Klaogin Distrik Seremuk Kabupaten Sorong Selatan. DIRAYAKAN SECARA SEDERHANA DAN PENUH UNKAPAN SYUKUR.

Kilas Balik Lahirnya Kampung Persiapan Bolbalek:


Pada waktu masih bersatus Dusun, Kampung Persiapan Bolbalek masih terletak di Lemba Lelsol berada bersama-sama satu lokasi dengan Kampung Induk Wendi dan Kampung Sasnek dengan nama Dusun adalah Dusun Sasnek Den, sampai dengan tanggal 11 Juni 2016. 


Kampung Persiapan Bolbalek ( Foto: Khadith Imiam )

Seiring dengan berjalannya waktu sehingga terjadi Dinamika Sosial Kemasyarakatan dan campur tangan Tuhan dengan Renca-Nya yang Indah, Dusun Sasnek Den berpindah lokasih dari lemba Lelsol ke lokasi baru yang merupakan hak ulayat masyarakat Dusun Sasnek Den yang bernama Bolbalek pada tanggal 12 Juni 2016. 

Nama Dusun Sasnek Den dengan sendirinya berubah, disesuaikan dengan nama lokasi atau tempat yang baru Bolbalek sehingga Dusun Sasnek Den Berubah nama menjadi Dusun Bolbalek. 

Masyarakat Kampung Persiapan Bolbalek mulai tinggal dan menetap di Bolbalek dari tanggal 12 Juni 2016 sampai saat ini. Pada tanggal 01 Januari 2019 Dusun Bolbalek dinaikan statusnya dari Dusun  menjadi Kampung Persiapan Bolbalek oleh Bupati Sorong Selatan. 

Berdasarkan kronologis sejarah inilah tanggal 12 Juni 2016 yang merupakan Tanggal pertama kali pembukaan Lokasi atau Tempat baru dan tanggal pertama kali masyarakat Kampung Persiapan Bolbalekh menetap di Bolbalek  ditetapkan secara aklamasi oleh masyarakat Kampung Persiapan Bolbalek sebagai Hari Jadi Kampung Persiapan Bolbalek atau Hari Ulang Tahun Kampung Persiapan Bolbalek.

Ibadah Syukuran dan Sambutan-Sambutan:

Ibadah Syukuran HUT ke-4 Kampung Persiapan Bolbalek dilakukan bertepatan pada Hari Ulang Tahun Kampung Persiapan Bolbalek, Jumat, 12 Juni 2020 yang dipimpin oleh Ketua Pos PI GKI Ararat Bolbalek Bapak Grj. Martinus Sagisolo. Dalam khotbahnya yang diambil  dari Kitab Yuhosua 3:1 – 6, Grj. M. Sagisolo menegaskan bahwa dalam Kitab Yohosua, Yohosua berbicara atau mengisahkan tenteng perjalanan Bangsa Israel menuju Tanah Kanaan dan dalam perjalan tersebut Bangsa Israel menaklukan Bangsa-bangsa lain dengan bantuan Kuasa Tuhan. 


Ibadah Syukuran  ( Foto: Khadith Imiam )

Dalam Khotbahnya juga Grj. M. Sagisolo menyampaikan bahwa apa yang sudah di kerjakan atau dilakukan, apa yang sudah dicapai dan apa yang akan dilakukan ke depan oleh Masyarakat Bolbalek semuanya adalah semata-mata karena Kasih Karunia Tuhan. Masyarakat Bolbalek harus dengan Iman mempercayakan kehidupannya kepada Tuhan, jika Tuhan yang mengurusnya maka kehidupan Masyarakat Bolbalek akan aman di dalam tangan Tuhan.

Dalam Moment bahagia ini pula disampaikan sambutan-sambutan dari pihak Tokoh Masyarakat, Gereja dan Pemerintah Kampung Persiapan Bolbalek. Sambutan dari Tokoh Masyarakat disampaikan olek Bapak Yehuda Sagisolo yang juga adalah pelaku sejarah pembukaan Kampung Persiapan Bolbalek, dengan nada haru beliau menyampaikan harapannya bahwa benih yang sudah ditanam bersama ini harus tetap dirawat dan dijaga dengan baik sehingga kedepan akan dinikmati dan dikenang oleh generasi-generasi yang akan datang. 


Ibadah Syukuran  ( Foto: Khadith Imiam )

Sambutan dari pihak Gereja disampaikan oleh Ketua Pos PI Ararat Bolbalek, Bapak Grj. M. Sagisolo, dalam sambutannya menegaskan bahwa dimana ada satu atau dua orang umat Tuhan berada, Gereja Tuhan tetap hadir dan menjalankan misinya, yaitu Three Panggilan Gereja. 

Disampaikan pula bahwa Pos PI Ararat Bolbalek dalam waktu yang tidak terlalu lama statusnya akan ditingkatkan dari Pos PI menjadi Bakal Jemaat oleh Bakal Klasis Sawiat pada RAKER-II Bakal Klasis Sawiat pada bulan Oktober 2020 nanti di Jemaat Lahairoy Sasnek. 


Ibadah Syukuran  ( Foto: Khadith Imiam )

Sambutan dari Pemerintah Kampung Persiapan Bolbalek disampaikan oleh Sekretaris Kampung Persiapan Bolbalek Bapak Lambert L. Kemesrar, dalam sambutannya menyampaikan kronologis sejarah Kampung Persiapan Bolbalek dan hal-hal yang harus terus dilengkapi oleh Pemerintah dan Masyarakat Kampung Persiapan Bolbalek agar memenuhi syarat sebagai Kampung Definitif.


HUT ke-4 Kampung Persiapan Bolbalek dirayakan juga dengan Makan Bersama atau Jamuan Kasih oleh semua lapisan Masyarakat Kampung Persiapan Bolbalek.

Jamuan Bersama  ( Foto: Khadith Imiam )



Pewarta   : Yeheskel Krimadi