Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Buka Boot Camp Ilmuwan Muda Papua, : Karena Pembangunan Butuh Data dan Kajian Ilmiah

www.kabarsorsel.com

MANOKWARI – Pengembangan sumber daya manusia dalam mendukung program pembangunan menjadi prioritas pemerintah, khususnya dibidang pendidikan. Hal itu seperti yang tengah dilakukan pemerintah Papua dan Papua Barat, bekerja sama dengan Yayasan Eco Nusa yang mana kini telah melahirkan 10 ilmuwan muda dari berbagai Universitas  di Tanah Papua.

Gubernur Papua Barat dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Daerah, Nataniel Mandacan, mengatakan Boot Camp akan menjadi media untuk memantapkan para ilmuwan muda, dalam mendukung proses pembangunan yang berkelanjutan. Dengan demikian, kesejahteraan masyarakat akan tercipta dan terlebih adanya tata kelolah sumber daya alam menjadi lebih baik

“Saya memandang penting hal ini karena pembangunan daerah memerlukan data dan kajian ilmiah, agar tujuan kita untuk meningkatkan kesejahteraan orang asli Papua dan masyarakat di Papua Barat, serta perbaikan tata kelolah sumber daya alam dapat terwujud secara pasti dan terukur,” ujar Nataniel, Selasa (15/9/2020).

Dirinya sangat berharap, organisasi perangkat daerah teknis dapat berkolaborasi dengan para ilmuwan muda ini, dalam rangka pemanfaatan data dan kajian ilmiah di setiap pelaksanaan program kerja ke depannya. Sehingga perubahan terhadap perlindungan lingkungan dan pengendalian perubahan iklim global dapat terwujud.

Para akademisi dan pihak perguruan tinggi serta mitra pembangunan, dapat bersinergi menciptakan sumber daya manusia yang handal dan berdaya guna, sehingga mampu memberikan kontribusi positif bagi daerah masing-masing.

“Hasil dan tindaklanjut dari kegiatan ini dapat menjadi masukan kepada daerah melalui instansi teknis terkait, agar selanjutnya dapat di adopsi hasil kajian ilmuwan muda Papua ini ke dalam kegiatan sesuai tugas pokok dan fungsi OPD terkait,” imbaunya.

Para ilmuwan muda Papua diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini secara baik, untuk mengembangkan potensi diri dan juga mampu mengidentifikasi birokrasi atau teknologi tepat guna untuk di adopsi dalam rangka akselerasi pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.Red

Posting Komentar

0 Komentar