Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

KPU Sorong Selatan Apresiasi Balon Bupati dan Wakil Perhatikan Protokol Kesehatan

Ketua KPU Sorong Selatan Ester Home, SE




Teminabuan,KABARSORSEL.com –– Ketua KPU Sorong Selatan Ester Home, SE, mengatakan sesuai dengan tahapan KPU secara nasional, yaitu peraturan KPU Nomor 5 tentang tahapan, pada tanggal 23 September 2020 telah dilakukan pengundian dan pencabutan nomor urut.

 ” Saya bersyukur bahwa semua proses berjalan dengan baik, dokumen calon yang kami periksa semua telah memenuhi syarakat, telah dilakukan perbaikan dokumen tanggal 14 oleh beberapa calon, yang kurang tetapi sudah diperbaiki sehingga dari hasil itu, kami menetapkan 4 bakal calon bupati dan wakil bupati, tanggal 24 pengundian nomor urut, semua proses berjalan dengan baik sesuai dengan ketentuan yang ada,” kata Ester. 

Ester Homer, pleno yang dilakukan adalah pleno tertutup, asal itu tidak lewat dari pada waktu karena dalam ketentuan tidak mengharuskan bahwa pleno itu dilaksanakn pagi, siang, atau sore intinya tidak lewat waktu yang telah ditentukan. 

Tahapan selanjutnya, kata Ester, adalah kampanye ini ada peraturan KPU yang mengatur tentang pelaksanaan seluruh tahapan kampanye itu memperhatikan protokol kesehatan,dan ditegaskan dengan keluarnya PKPU no 13 tahun 2020, yang mana di dalam peraturan KPU ini mempertegaskan bahwa semua calon bupati dan calon wakil bupati pada saat melaksanakan tahapan kampanye, bahkan selanjutnya dia harus benar-benar memperhatikan protokol kesehatan, kalaupun tidak maka akan dikenakan sangsi karena memang suda diatur untuk kali ini tidak main-main lagi karena semua harus memperhatikan protokol kesehatan. 

 ” Tanggapan dari bakal calon tentang protokol kesehatan yang dilakukan dalam tahapan pemilihan kepala daerah, mereka para kandididat sangat respon, buktinya dilaksanakannya pencabutan pengundian dan pencabutan bakal calon datang mematuhi undangan kami dengan yang hadir hanya calon bupati dan wakil bupati dan 1 LO, itu meraka buktikan dan mereka taat dan kita berharap jangan hanya pada tahapan ini tetapi selanjutnya yaitu tahapan kampanye mereka wajib melaksanakan protokol kesehatan dan kami juga sambil menunggu peraturan KPU tentang kampanye,” terangnya. 

 ” Peraturan itu suda keluar kita akan sosialisasi karena peraturan KPU tentang kampanye, lebih detail dan ketika peraturan KPU yang mengatur tentang kampanye suda ada maka kami akan melakukan sosialisasi sehingga semua tahapan kampanye berjalan sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada. Sangsi yang diberikan sangsi administrasi berupa diundurkannya penetapan calon sehingga pada saat kampanye apabila ada pelanggaran yang dilakukan oleh bakal calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Sorong Selatan maka ada sangsi administrasi yang akan diberikan kepada mereka,” Ucap Ester Homer . RED

Posting Komentar

0 Komentar