Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

KPU Manokwari akan Laksanakan Debat Publik Paslon di TVRI Papua Barat

Ketua KPU Manokwari, Abdul Muin Salewe. (KabarPapua.co/Irsye Simbar)

KABARSORSEL.COM, Manokwari : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari akan melaksanakan debat publik pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Manokwari yang akan dilaksanakan pada minggu kedua bulan November 2020. 

Ketua KPU Manokwari Abdul Muin Salewe menjelaskan, debat publik ini akan dilakukan secara siaran langsung dengan menggunakan TVRI Papua Barat dan Radio Republik Indonesia (RRI) Manokwari. 

 “Debat publik akan dilaksanakan minggu kedua Nobember 2020, besok kami akan undang LO maupun ketua tim sukses untuk bertanya kesiapan masing-masing dari paslon dalam debat publik yang tinggal 2 minggu lagi,” terangnya kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Senin, 2 November 2020. 

Dalam debat publik yang berada dalam ruangan nanti, hanya ada lima orang anggota komisioner KPU, Bawaslu dua orang, dua pasangan calon, dan tim kampanye masing-masing empat orang, maka keseluruhannya 19 orang yang berada di dalam ruangan itu. 

“Sesuai regulasi debat, maksimal dilakukan tiga kali, namun kami akan mencoba satu kali. Nanti kami akan berkoordinasi dengan paslon maupun dengan peserta diskusi (panelis) terkait dengan adanya pandemi Covid-19,” jelas mantan wartawan Metro TV di Manokwari ini. 

Abdul juga mengatakan, pihaknya mencoba untuk tidak terlalu banyak mengumpulkan masa atau pun membuat kegiatan dalam ruangan, bahkan kalau bisa tidak terlalu sering berkumpul, karena keadaan seperti ini masih masa pandemi Covid-19. 

 “Untuk itu sekalipun secara regulasi menyatakan paling banyak maksimal tiga kali, akan tetapi mencoba satu kali saja. Seandainya ada hal-hal yang perlu mendapatkan pendalaman lebih atau mungkin akan melaksanakan dua kali debat,” jelas Abdul. 

 Abdul juga mengatakan, untuk lima penalis sudah di SK kan dan siap untuk menyusun pertanyaan-pertanyaan dan materi dalam debat publik nanti. KPU bersama penalis akan bersama-sama menentukan tema debat publik nantinya. 

Pimpinan Redaksi TVRI Papua Barat, Niko Patipawai menuturkan, direncanakan debat publik dua paslon SMART dan HEBO pada 14 November 2020 yang akan dilaksanakan di Kantor TVRI Papua Barat. 

 “Pada Rabu, 4 November 2020 nanti, semua kru akan mempersiapkan studio debat publik untuk dua paslon di lantai II Kantor TVRI Papua Barat, dengan mengatur posisi panggungnya dan memasang peredam suara. Hingga saat ini, jadwal acaranya belum ada dari KPU Manokwari, tapi nanti akan dikoordinasikan lebih lanjut jam berapa pelaksanaan debat publiknya,” jelas Patipawai. ***(RED)
beta punya cerita

Post a comment

0 Comments