Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Papua dipandang dengan mata curiga


Kabarsorsel.com - Katanya negara Indonesia negara hukum. Katanya Negara Indonesia Negara demokrasi. Katanya Negara Indonesia bercita-cita menegakkan HAM. Katanya Negara Indonesia mau mencerdaskan bangsa.


Dan banyak ‘katanya', saya sendiri tidak tahu, karena ternyata itu semua bukan untuk orang Papua. Bahkan, pada suatu titik saya malah bertanya "Adakah kehidupan untuk orang Papua di Negara Oligarki ini?" 

Hukum di negara ini telah dikabiri atas dasar kompromi kepentingan penguasa . Tidak ada hukum bagi Orang Papua, tidak ada ruang demokrasi bagi orang Papua'Yang ada adalah stigma separatis bagi orang Papua di negeri ini. 

Bukankah justru Jakarta yang selalu memainkan bahasa separatis. Tanya kenapa? stikma separatis terhadap  Papua saat ini, sementara rakyat papua berbeda disegala aspek dengan indonesia sehingga tantangan kemanusiaan kita, bukan saja dalam lingkup Indonesia, tapi juga dunia. 

Sampai sekarang, secara tidak sadar, kita terseret pada potret politik stigma yang dimainkan untuk kita di tanah Papua .

Papua hanya dipandang dengan mata curiga, dengan kantikmas yang di amankan berulang-ulang kali. Begitu sistematis.  Orang yang menganggap keadilan adalah hal yang  lumrah.Red
beta punya cerita

Post a comment

0 Comments